Home » » PEMUPUKAN JAMBU MADU

PEMUPUKAN JAMBU MADU

Posted by Fadli Tambue on Minggu, 15 Mei 2016

Jambu Madu dapat tumbuh subur dan berbuah maksimal, jika tidak hanya memberikan pupuk organik (alami) seperti kompos (kotoran lembu, kambing, ayam dll), tetapi pupuk anorganik (kimia) juga harus diberikan. Pemupukan kimia sebenarnya dapat ditanyakan ketukang pupuk, pupuk apa yang anda inginkan, kalau memang anda menginginkan batangnya besar dan kuat, atau daunnya lebat dan atau anda menginginkan cepat berbuah semua ada pupuknya, dan silahkan anda mengunakannya asal sesuai aturan jangan sampai berlebihan karena akan menyebabkan kematian atau kerusakan pada pohon jambunya.
Namun belajar dari pengalaman serta hasil dari beberapa  diskusi yang saya lakukan dengan para petani jambu madu, untuk standartnya anda dapat  memberikan pupuk NPK Mutiara 16-16-16 berwarna biru, yang didalamnya sudah ada kandungan yang berguna untuk menyuburkan batang, daun, akar dan buah. Sekarang yang perlu diperhatikan adalah dosis dan aturan penggunaanya.
  1.  Berikan pupuk 10 s/d 15 hari sekali, hal ini dapat anda lakukan dimulai dari bibit yang baru anda beli sekitar umur 3 / 4 bulan dari penyetekan, dan diberikan secara teratur.
  2. Ukuran jumlahnya 1 sendok teh, jika pohonnya masih kecil atau berumur 3 bulan dari bibit yang anda beli yang berumur 3 / 4 bualan dari penyetekan. Dan setelah itu pohonnya sudah besar dan berumur dewasa, anda dapat memberinya 2 sendok teh.
  3. Cara memberinya bisa dengan menaburkannya di samping pohon jambu tersebut, atau lebih baik anda dapat mengorek sedikit tanah disamping pohonnya, memasukan pupuknya kemudian menutupnya kembali. Hal ini menghindari keluarnya pupuk dari lubang pot ketika disiram.
  4. Perhatian jangan terlalu banyak memberikan pupuk kimia, hal ini sering terjadi dikarena kan pemilik ingin sekali pohon jambunya cepat berbuah, namun bukan cepat berbuah malah yang terjadi adalah sebaliknya pohonnya cepat mati.
Demikian beberapa hal yang perlu diperhatian didalam kegiatan memupuk pohon jambu madu, semoga bermamfaat.

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 Fadli Tambue. All Rights Reserved. Powered by Fadli
Template by Creating Website and CB Blogger