Home » » Batee Iliek, Sungai Wisata Yang Sekarat

Batee Iliek, Sungai Wisata Yang Sekarat

Posted by Fadli Tambue on Rabu, 19 Februari 2014

Batee Ileik adalah sebuah tempat wisata sungai yang terletak di Kabupaten Bireuen Propinsi Aceh. Sungai yang dipenuhi bebatuan besar ini dan air yang jernih terletak tepat di lintasan jalan negara Banda Aceh – Medan atau sekitar 35 Km dari Kota Bireuen.

Sudah sangat lama Batee Iliek dijadikan sebagai salah satu ikon wisata sungai di Aceh. Ini terbukti dengan banyaknya pengunjung yang menikmati indahnya Krueng Batee Iliek, apalagi jika hari pekan atau musim liburan tiba, maka para pengunjung juga berasal dari luar Bireuen dan atau luar Aceh.

Pembangunan fasilitas pendukung wisata di Batee Iliek terkesan amburadul. Disana berdiri warung-warung dan kios tepat di pinggir sungai. Hal ini memberikan dampak pada kebersihan sungai yakni ketika pemilik tempat jualan membuang sampah di sekitar pinggiran sungai. Sampah-sampah tersebut sangat menganggu keindahan Batee Iliek.

Selain itu, di aliira suangai Batee Iliek juga di didirikan WC-WC darurat yang diperuntukkan untuk pengunjung padahal semua kotoran itu lansung dialirkan ke air Sungai Batee Iliek. Bisa anda bayangkan bagaimana tercemarnya air karena limbah manusia tersebut. Itu adalah sekelumit ketidak pedulian yang mebawa dampak pada ketidaklestarian Batee Ileik.

Permasalahan besar yang kini dihadapi Batee Iliek adalah ancaman kekeringan air sungai. Hal ini bisa diakibatkan dengan telah meningkatnya perambahan hutan di hulu sungai yang dijadikan perkebunan. Padahal kita semua tahu bahwa setiap sungai memerlukan kantong-kantong cadangan sumber air di hutan. Sedangkan bila hutan-hutan tersebut terus digunduli maka secara langsung akan mengurangi sumber air. Imbasnya adalah kekeringan sungai.

Penambangan batu besar di Bate Iliek juga sangat merugikan kelestarian sungai. Batu – batu itu merupakan penyangga sungai dan dapat menambah kenikan sungai. Menurut analisis beberapa pengamat lingkungan, jika hal tersebut terus dibiarkan maka dalam jangka waktu 10 atau 15 tahun lagi Batee Iliek akan mengalami penyusutan air yang sangat drastis. Hal ini juga berakibat fatal terhadap ekonomi rakyat yang selama ini megais rejeki di sana. Dan tentunya Batee Iliek, wisata sungai yang unik dan hanya satu-satunya di Aceh akan menjadi kenangan.

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 Fadli Tambue. All Rights Reserved. Powered by Fadli
Template by Creating Website and CB Blogger